12 POIN PENTING DALAM MENYUSUN PROPOSAL

12 POIN PENTING DALAM MENYUSUN PROPOSAL

http//:inicontohproposal.blogspot.com
Pada postingan kali ini saya akan mencoba menguraikan tentang 12 Poin Penting Dalam Menyusun Proposal.
Pada Postingan sebelumnya sudah diuraikan tentang Cara Menyusun Proposal Yang Baik dan Benar versi dunia proposal; Hal ini tidaklah bersifat baku namun mengikuti peraturan yang ada, artikel ini hanya sebagian kecil yang biasa digunakan dalam cara menyusunproposal yang baik dan benar.

Proposal biasanya di buat ketika kita akan melakukan kegiatan ataupun suatu proyek. Dimana tujuan dari pembuatan proposal itu sendiri biasanya mencari sponsor atau donatur. Maka dengan itu, sebisa mungkin buatlah proposal yang menarik dan meyakinkan mulai dari gaya bahasa, jenis huruf dan lain sebagainya supaya dapat memikat hati donator yang dimaksud, sehingga akhirnya proposal yang kita ajukan mendapat ACC/ Persetujuan serta menjadi realisasi. Ada banyak berbagai contohproposal yang dapat anda jadikan sebagai bahan acuan, jika memang belum pernah membuat proposal, dan tidak jarang juga contoh proposal yang sudah jadi siap download.
Sebelum kita membuat dan menyusun proposal, sebaiknya kita buat terlebih dahulu surat permohonan yang disimpan di halaman pertama yang dilengkapi dengan lembar pengesahan.

Terus bagaimana cara menulis proposal yang baik dan benar? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat proposal. Walaupun anda misalnya sudah mempunyai banyak contoh proposal kegiatan, contoh proposal usaha, contoh proposal penelitian, dan contoh proposal lainnya sebagai bahan acuan, namun anda tetap harus memperhatikan sistematika penulisan proposal berikut ini.
1. Pendahuluan
Pada bagian ini berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
-  Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari(nyata)
- Point-point pembahasan pada pendahuluan ini berupa lembaran pembukaan
2. Dasar Pemikiran
- Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan serda dasar hukumnya
- Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah No sekian
3. Maksud dan Tujuan
- Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
- Tentukan juga keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
Contoh :
- Menciptakan lapangan usaha
- Meningkatkan kualitas Pendidikan
- Memberi pengetahuan manajerial dan leadership
4. Tema Kegiatan
  Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
- Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
- Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
6. Target
- Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
Contoh :
Menjadikan santri yang melek IT serta bisa memanfaatkan media sebagai jalan memperkaya wawasan serta menciptakan inovasi dalam bidang Pendidikan
7. Sasaran/Peserta
Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
9. Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Dalam Rencana Anggaran Biaya disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri dan dilengkapi dengan titimangsa serta ditandatangani oleh Ketua/ Pimpinan serta Bendahara
10. Susunan Panitia
Pada halaman atau bagaian susunan panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Sekretaris, Bendahara, serta seksi kepala bagian, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
- Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
- Atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
12. Penutup
 Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak.
Jangan lupa pada bagian ini sertakan titimangsa (Tanggal pembuatan surat) yang dilengkapi dengan tandatangan Ketua/ Pimpinan dan Sekretaris dan distemple basah.
Poin Penting :
-          Buatlah Kop Surat (Kepala Surat) yang sesuai/ sama dengan stempel seperti “ Lembaga Kursus Komputer Siap Tempur” maka stempelnya pun harus “ Lembaga Kursus Komputer Siap Tempur”
-          Jika harus melampirkan copian rekening, maka buatlah rekening atas nama lembaga yang sama yaitu “ Lembaga Kursus Komputer Siap Tempur” dan begitupun stempelnya. (Jangan sampai membuat rekening atas nama pribadi ya..!)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 POIN PENTING DALAM MENYUSUN PROPOSAL

0 comments:

Posting Komentar