CONTOH PROPOSAL BISNIS JAGUNG



CONTOH PROPOSAL BISNIS JAGUNG
KELOMPOK TANI JAGUAR

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
http//:inicontohproposal.blogspot.com
Tanaman yang menjadi bahan pokok kedua masyarakat Indonesia adalah jagung, sehingga tanaman Jagung merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia dan dijadikan sebagai makanan pokok oleh beberapa masyarakat Indonesia dan masyarakat di dunia selain beras atau padi. Kemudian tanaman jagung juga lebih mudah penanamannya jika dibandingkan dengan tanaman padi, karena tanaman jagung tidak terlalu banyak membutuhkan air seperti halnya tanamnan padi, serta tanaman jagung ini dapat tumbuh di daerah kering sekalipun, dengan syarat masih terdapat kandungan air walaupun dalam kapasitas yang tidak terlalu banyak.
Namun beberapa petani di Nusantara banyak sekali yang mengeluh dengan berbagai keterbatasan dan harga pupuk yang semakin hari semakin tinggi, lahan yang terus dijadikan permukiman industri dan pabrik, sehingga lahan untuk usaha budidaya tanaman jagung ini kurang maksimal, serta harga jual yang tidak sebanding dengan permodalan; dan akhirnya para petani menderita kerugian.
http//:inicontohproposal.blogspot.com
Upaya Pemerintah terus dilakukan Dalam rangka mengatasi masalah kemiskinan dan meningkatkan swasembada pangan (khususnya tanaman jagung), maka pemerintah berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut, diantaranya adalah dengan ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian.
Ekstensifikasi pertanian yaitu peningkatan hasil produksi pertanian secara kualitas dan kuantitas dengan pembukaan lahan baru atau menambah lahan pertanian yang sudah ada.
Sedangkan yang dinamakan intensifikasi pertanian yaitu peningkatan hasil produksi pertanian dengan cara tanpa melakukan penambahan atau perluasan lahan pertanian, namun dengan mengoptimalkan lahan yang ada sekalipun dilahan yang sempit.
 B. Maksud dan Tujuan
Adapun Maksud dan Tujuan dari penyusunan dari proposal usaha tanaman jagung Kelompok Tani JAGUAR ini adalah sebagai berikut :
-Memanfaatkan lahan yang masih terbuka
-Menambah Penghasilan (pokok ataupun tambahan)
-Karena jagung bagian dari salah satu makanan pokok (pangan) dan sumber karbohidrat utama pengganti beras
-Membuka peluang usaha dengan prosfek yang cukup menjanjikan
-Meningkatkan kualitas dan kuantitas Pertanian indonesia khususnya di bidang pangan
-Menambah wawasan tentang usaha budidaya tanaman jagung khususnya bagi Kelompok Tani JAGUAR

BAB II
TANAMAN JAGUNG
Usaha budidaya Tanaman jagung sebenarnya memiliki potensi besar di Indonesia, Karena banyaknya permintaan dalam dan luar negeri akan tanaman jagung ini, karena merupakan bahan dasar tepung, atau sebagai campuran pakan ternak, bahkan untuk kelengkapan wisata kuliner seperti jagung bakar aneka rasa, bahkan tongkol tanaman jagung yang sudah kering masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan yang hasilnya kerajinannya sering kita jumpai di Toko – toko tanaman hias atau Craft bahkan bisa nongkrong di berbagai supermarket.
Selanjutnya sudah kita ketahui bahwa Tanaman Jagung merupakan salah satu tanaman pangan utama di dunia, selain gandum dan padi (beras). Sebagai sumber karbohidrat utama bagi penduduk di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif
http//:inicontohproposal.blogspot.com
sumber pangan di Amerika Serikat dan Penduduk di beberapa daerah di Indonesia misalnya di Madura dan Nusa Tenggara juga menggunakan jagung sebagai sumber pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak hijauan maupun tongkolnya. Jagung juga merupakan satu satunya spesies tumbuhan yang tidak dapat hidup secara liar di alam.
Tanaman Jagung juga merupakan tanaman sumber bahan pangan pokok bagi sebagian masyarakat, selain gandum dan padi atau beras. Jagung kaya akan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam jagung dapat mencapai 70% dari seluruh bahan kering biji jagung. Karbohidrat itulah yang dapat menambah atau memberikan asupan kalori pada tubuh manusia, yang merupakan sumber tenaga sehingga jagung dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Jagung tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tapi juga bagi hewan ternak seperti sapi. Berikut merupakan beberapa manfaat jagung '
-Buahnya merupakan sumber karbohidrat bagi manusia.
-Sebagai salah satu sumber pangan pokok.
-Daunnya dapat digunakan untuk pakan ternak kambing, sapi, maupun kerbau.--Batangnya yang sudah kering dapat digunakan untuk kayu bakar.
-Kulit batang pohon jagung dapat dijadikan kerajinan tangan.

C.RENCANA USAHA
Perencanaan bisnis jagung Kelompok Tani JAGUAR ini direncanakan akan di kerjakan secara serempak oleh anggota Kelompok Tani JAGUAR sesuai dengan lahan yang dimiliki oleh masing-masing anggota Kelompok Tani JAGUAR
D.SUSUNAN KEPENGURUSAN
Terlampir
E.RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
Terlampir
F.PENUTUP
Demikianlah Proposal bisnis JagungKelompok Tani JAGUAR kami susun seadanya, semoga bisa menjadi pertimbangan Bapak/Ibu untuk bisa merealisasikan apa yang telah menjadi harapan kami Kelompok Tani JAGUAR demi meningkatkan kualitas dan kuantitas Pertanian Indonesia khusunya di bidang Pangan termasuk Tanaman Jagung di dalamnya.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Wassalaamualaikum Wr.Wb
Ketua Kelompok Tani
JAGUAR


Mahmud Sulaeman

Lampiran 1

SUSUNAN KEPENGURUSAN KELOMPOK TANI
“ JAGUAR “
KP.BOBOTOH DESA MANDALABIRU KEC.SUGIHMUKTI KAB.MASAMBA

Ketua                    : Mahmud Sulaeman
Wakil Ketua : Badar Nurdiansyah
Sekretaris     : Moch.Yahya
Bendahara    : Heru Nurjaman
Koordinator
a.Lapangan          :  Dedi Solahudin
         Ujang Hendar
b.Humas          :  Jaya Aksara
                   Arif Muhkamat
c.Keorganisasian    :  Ucu Barbara Betha
d.Pemasaran       :  Babay Grintil
                  Durkaem
                  Sumadra
                  Om Sodik
Ketua
Kelompok Tani JAGUAR

TTD & Stempel Kelompok
Mahmud Sulaeman

Lampiran 2
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH PROPOSAL BISNIS JAGUNG

0 comments:

Posting Komentar