contoh proposal festival kuliner



PROPOSAL
FESTIVAL KULINER JAWA BARAT

BAB I
PENDAHULUAN
I.1.    LATAR BELAKANG MASALAH
Kekayaan dan keanekaragaman budaya bangsa Indonesia yang begitu banyak dan berbeda-beda yang
menjadi simbol akan kekayaan bangsa Indonesia, mulai dari adat istiadat, kesenian dan budaya termasuk masakan nusantara mulai dari dodol perwakilan makan khas daerah Garut, Cianjur dengan Taucho nya, Sukabumi dengan Mochi-nya, Bandung dengan Tapenya, Madura dengan satenya dan hampir setiap daerah memiliki khas makanan dan masakan yang berbeda-beda; hal ini menandakan kekayaan bangsa Indonesia sesuai dengan slogan Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda , namun tetap satu tujuan) yaitu bangsa Indonesia..
Generasi muda Indonesia sebagai penerus keberlanjutan bangsa dan sebagai salah satu elemen warga masyarakat, memiliki beban moril untuk menjadi penjaga seluruh aset budaya tersebut, sehingga tetap aman terjaga dan menjadi ciri khas yang tidak dapat dipisahkan dari keberadaan Negara Indonesia di masa mendatang.
Minimnya pengetahuan generasi muda tentang keragaman kuliner juga menjadi perhatian dari agenda ini. Hal ini dikarenakan banyak generasi muda dan sebagian besar ma
syarakat yang tidak sadar, jika beberapa perilaku dalam keseharian mereka, juga berpengaruh kepada pelestarian budaya kuliner Indonesia, khususnya di Jawa Barat.
Dengan Program Festival Kuliner Jawa Barat ini, kami berharap semoga menjadi langkah awal yang tepat untuk memperkenalkan keanekaragaman makanan khas Jawa Barat kepada dunia pariwisata serta mewariskan kepada generasi muda mulai dari sekarang hingga masa mendatang.
I.2.    IDENTIFIKASI MASALAH
- Bagaimana langkah-langkah memperkenalkan masakan khas Jawa Barat,
- Penyuluhan keanekaragaman masakan khas Jawa barat akan dirangkai dalam cerita yang menarik yang
biasa terjadi didalam kehidupan dunia remaja dan disuguhkan dengan kemasan yang menarik dan enak diikuti dimana pada akhirnya akan dipublikasikan dalam bentuk CD/DVD Wisata Kuliner Jawa Barat.
- Bekerjasama dengan instansi-instansi terkait dalam membuat isi dari penyuluhan yang merupakan bagian dari perencanaan kegiatan ini.

I.3.    MAKSUD dan TUJUAN
1)      Secara Umum
Festival Kuliner Jawa Barat ini bertujuan untuk :
-          Mengembangkan bakat serta kreativitas para peserta baik mahasiswa/siswi yang ada di Jawa Barat serta secara tidak langsung sekaligus dapat sebagai pelajaran bagi audiens yang sekaligus dapat memperkenalkan aneka keunikan masakan khas Jawa Barat kepada.
-          Banyaknya menu makanan khas Jawa Barat yang selama ini dianggap sebagai makanan rakyat dan murahan sebenarnya mempunyai potensi yang luar biasa bila digarap dengan sungguh-sungguh. Bahan baku yang berlimpah di wilayah Jawa Barat juga merupakan salah satu alasan akan terselenggaranya Festuval Kuliner Jawa Barat ini.

2)      Secara Khusus

Adapun beberapa tujuan secara khusus diantaranya :
Memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang keragaman masakan Indonesia dan khususnya disini tentang keaneka ragaman masakan khas Jawa Barat.
Memberikan contoh yang baik kepada masyarakat bagaimana menjadi penjaga tradisi yang tanpa ada kesan mengajari, karena sengaja kami suguhkan dalam bentuk Festival.
Memberikan bimbingan (penyuluhan) pelestarian keanekaragaman masakan Indonesia, khususnya yang ada di daerah Jawa Barat

BAB II
METODE PELAKSANAAN
Jenis pelaksanaan kegiatan yang digunakan adalah Festival Kuliner Jawa Barat dengan cara para peserta secara langsung memasak dan menyajikannya di meja peserta.
Panitia hanya menyediakan tempat dan peralatan pokok seperti Kompor gas, Meja, Pisau iris, Piring, Kuali, dan panci serta air bersih dan Bimbu Komplit.  
BAB III
 PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan Festival Kuliner Jawa Barat ini akan diselenggarakan pada :
Hari/tanggal    :           Sabtu – Minggu, 16 - 17 April 2016
Waktu             :           09:30 s/d 16:30 WIB
Tempat            :           Lapangan Sabuga Kota Bandung
Target peserta kegiatan Festival Kuliner Jawa Barat ini adalah Seluruh  mahasiswa/siswi/umum yang ada di wilayah Jawa Barat yang memiliki bakat serta berpotensi dalam bidang tataboga.

BAB IV
RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
:No
Uraian
Volume
Total
(Rp)
keterangan
1

2

3

4

5
6
7

8
Pembuatan Label Panitia
Pembuatan Label Peserta
Stage dan Dekorasi.

Keamanan dan  Komunikasi
 Penjurian 
Hadiah untuk peserta
Peralatan dan Bahan baku
Transfortasi
50 Orang

250 Peserta

1 set



10 peserta
3 Pemenang
500.000

2.500.000

3.500.000

3.000.000

10.000.000
22.000.000
7.500.000

1.000.000

Total Anggaran
Rp. 50.000.000


Terbilang : Lima Puluh Juta Rupiah
BAB  IV
PENUTUP
Demikian Proposal Festival Kuliner Jawa Barat ini kami susun, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi semua pihak dan bisa ikut berpartisifasi pada waktunya.
Akhir kata kami ucapkan terima kasih.
Bandung, 1 Maret 2016
Ketua Pelaksana


inicontohproposal.blogspot.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : contoh proposal festival kuliner

0 comments:

Posting Komentar