Contoh Proposal Hewan Qurban

PANITIA PEMOTONGAN HEWAN QURBAN
MAJELIS TA’LIM
MIFTAHUL HIDAYAH
Sekretariat: Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya
No.Tlp/ HP 085222212349
==================================================================
Nomor            : 03/PP-MH/ PPHQ/ IX/2013 M                        Kepada Yth
Lampiran        : 1(satu) lembar                                                    Bapak Kapolreta Tasikmalaya
Perihal            :  Pengajuan Bantuan Hewan Qurban                   di
                                                                                                     Tempat

السّـلام عليـكم ورحمة الله وبركـاته

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt serta shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada Baginda Nabi Muhammad saw.
Selanjutnya, kami atas nama ketua Panitia Pemotongan Hewan Qurban Majelis Ta’lim Miftahul Hidayah  Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya memohon kepada Bapak yang bermaksud mengeluarkan Qurban, bisa menyalurkannya melalui Panitia Pemotongan Hewan Qurban Majelis Ta’lim Miftahul Hidayah  Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya yang akan dibagikan langsung kepada masyarakat sekitar.
Demikian permohonan ini kami buat, atas segala kebaikan dan kesediaannya kami ucapkan terima kasih, semoga Alloh SWT, membalas amal kebaikan Bapak dengan pahala yang berlipat ganda. Amiin.
والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Tasikmalaya, 16 September 2013
   Ketua



Ust.Yanto Aryanto




contoh PROPOSAL HEWAN QURBAN



Disusun Oleh:
Panitia Pemotongan Hewan Qurban
Majelis Ta’lim
Miftahul Hidayah


Sekretariat : Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya
No.Tlp/ HP 085222212349

Tahun 2013

PROPOSAL
PERMOHONAN BANTUAN HEWAN QURBAN
 IDUL ADHA 1434H

I.    PENDAHULUAN

Hari Idul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzeqikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34).

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2).

Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezeqi dan membagi rezeqi yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhu’afa).

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.
Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Idul Adha adalah hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim).

II.    TUJUAN KEGIATAN
1.    Meneladani Nabi Ibrahim AS.
2.    Menumbuhkan kesadaran dan peran serta ummat Islam dalam upaya mengembangkan kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan taqwa kepada Allah.
3.    Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara pengurus  Majelis Ta’lim Miftahul Hidayah  Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya dengan masyarakat sekitar.

III.     BENTUK KEGIATAN
1.    Mengumpulkan dana dan bantuan hewan qurban..
2.    Pelaksanaan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban.
3.    Mendistribusikan hewan dan atau daging qurban ke masyarakat miskin di sekitar Majelis Ta’lim Miftahul Hidayah  Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya




IV.    REKAPITULASI DANA YANG DIBUTUHKAN

No    Uraian    Volume    Harga Satuan (Rp.)    Jumlah (Rp.)
1    Pembuatan Proposal    1 keg    100.000    100.000
2    ATK dan Kesekretariatan    1 keg    150.000    150.000
3    Rapat Panitia    1 keg    100.000    100.000
4    Biaya Pemotongan    1 keg    200.000    200.000
5    Kantong Plastik    1 pkt    50.000    50.000
6    Biaya Pendistribusian    1 keg    400.000    400.000
7    Dokumentasi    1 keg    75.000    75.000
8    Pelaporan    1 keg    100.000    100.000
    Jumlah            1.175.000

V.    JENIS & HARGA HEWAN QURBAN

JENIS HEWAN    BOBOT HIDUP    HARGA
Kambing/Domba    45 kg    Rp. 2.500.000
Sapi    200 kg    Rp. 15.000.000

VI.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Insya Allah Pelaksanaan kegiatan ini akan diadakan pada tanggal  08 s.d 11 Oktober 2013 ( 10 - 13 Dzulhijah 1434 H  ) dan tempat pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di Majelis Ta’lim Miftahul Hidayah  Jl. Ampera- Hanura Sukamaju I Blk No.20 Rt 001 / Rw 009 Kel.Panglayungan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya








VII.    SUSUNAN PANITIA
Nama    Jabatan
Ust.Yanto Aryanto    Ketua Pelaksana
Ustd.Nita Purnamasari    Sekretaris
Riswan    Bendahara
Yayat    Seksi Usaha
Abang    Seksi Sarana
Emon    Seksi Humas
Sarifudin    Seksi Pemotongan
Adi Setiadi    Seksi Tansportasi
Eni Komalasari    Seksi Pendistribusian


VIII.    PENUTUP

Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengajak kepada Bapak untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu moment Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rezeqi dan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkannya di lingkungan Pondok Pesantren Riyadul Huda yang beralamat di Kp.Rancageneng I Rt 001 / Rw 002 Kel.Sukajaya Kec.Bungursari Kota Tasikmalaya
“Sungguh, tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman : 60-61).
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan dapat menggugah hati para donatur untuk menyisihkan sebagian infaqnya demi suksesnya kegiatan ini.

Tasikmalaya,  17 September 2013
Ketua Pelaksana




Ust.Yanto Aryanto







Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Proposal Hewan Qurban

0 comments:

Posting Komentar