contoh proposal biaya operasional DTA

PROPOSAL
BIAYA OPERASIONAL
DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH (DTA) AL-FALAH

BAB I
Maksud dan Tujuan
A)    Maksud
Meningkatkan kesejahteraan khususnya Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah meliputi pengadaan alat-alat administrasi: komputer/ laptop/ printer, rak buku, mebeuleur, papan tulis, operasional guru dan lain-lain.
Adapun maksud dari operasional tersebut tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah yang selama ini masih jauh dari kecukupan.

B).  Tujuan

Biaya Operasional Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah bertujuan untuk membantu para tenaga pendidik, kebutuhan kantor, transfortasi mengikuti berbagai perlombaan (musabaqah) dan lain-lain. Intinya dengan biaya operasional ini secara tidak langsung ikut mendukung program pemerintah dalam memberantas kebodohan, mencerdaskan anak-anak bangsa, membekali dan memperkenalkan anak-anak Indonesia pada umumnya dan anak-anak di Jl.Cipedes I Blk 59 Rt 02/ Rw 01 Kelurahan Cipedes Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat dengan pendidikan yang layak dan hal-hal positif lainnya sejak dini, sehingga pada akhirnya akan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan religius, cinta tanah air dan berakidah ahlussunnah waljama'ah.
BAB II
Latar Belakang
A)  Lingkungan

      Lingkungan yang kini menjadi tempat eksisnya Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah adalah masyarakat yang masih awam terhadap ajaran Islam, aqidah, syari'ah ataupun akhlaqnya, dan mereka belum paham dan sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak-anaknya. Sementara pedoman hidup yang berlaku dalam kesehariannya adalah tradisi atau adat kebiasaan yang diciptakan oleh lingkungan sendiri; Mereka belum sadar bahwa dunia semakin mengglobal dimana semakin berbeda hari maka semakin bertambah laju perkembangan ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan, dan pemikiran manusia peradabannya.
Menjadi suatu kewajiban bagi para tokoh/ insan Pendidikan untuk memikirkan nasib mereka dan memajukannya lewat Pendidikan dan dalam hal ini sebuah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah Jl.Cipedes I Blk 59 Rt 02/ Rw 01 Kelurahan Cipedes Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat yang dengan sendirinya akan menunjang aktivitas disektor lain sehingga anak-anak di wilayah Kecamatan Cipedes akan memiliki masa depan yang cerah dan berpengharapan selanjutnya lingkungan disekitarnya menjadi lebih dinamis dan maju.

B)  Komunitas dan Data Populasi

     Penduduk di daerah ini terdiri dari etnis Sunda, mayoritas masih dalam usia produktif yang memiliki anak-anak yang siap untuk mengenyam pendidikan madrasah yaitu Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah. Para tenaga pengajar masih belum bisa mendapatkan kesejahteraan yang layak khususnya di lingkungan Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah, karena terbentur dana operasional misalnya ketika akan mengikuti berbagai perlombaan ex :FASI dengan jarak tempuh yang cukup jauh dari lokasi tentunya sangat membutuhkan dana operasional.

BAB III
LOKASI
A)     Lokasi

      Adapun lokasi yang menjadi tempat berdirinya Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah ini adalah tepatnya di. Jl.Cipedes I Blk 59 Rt 02/ Rw 01 Kelurahan Cipedes Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

BAB IV
Kebutuhan untuk Operasional 
                                                   
KEBUTUHAN    JUMLAH (Rp)
Biaya Operasional Kepala Sekolah    1.000.000
Biaya Operasional Tenaga Pengajar 5 Orang @ Rp.500.000    2.500.000
Biaya Operasional Berbagai Perlombaan    2.600.000
Meja / kursi guru : 10 buah X Rp. 300.000    3.000.000
Buku Murid    4.500.000
Peta dan Gambar    700.000
Laptop 1 Unit    4.800.000
Printer lasert jet1 Unit    1.250.000
Sub Total    20.350.000
 
Terbilang : Dua Puluh Juta Tiga Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah





BAB V
PENUTUP


      Kami percaya bahwa Allah SWT mengetuk hati setiap kita agar bergandengan tangan, bahu membahu untuk menyatakan dalam bentuk doa, dana, waktu, tenaga maupun pikiran. Kami begitu terbeban untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan dan juga untuk mengangkat harkat dan martabat para tenaga Pendidik Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah. Dalam semuanya itu kami sadar bahwa tidak mungkin kami dapat berjalan sendiri untuk mewujudkan cita-cita tersebut tanpa dukungan dari seluruh pihak yang memiliki misi dan yang terbeban di dalam pengembangan komunitas Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA) Al-Falah
    Demikianlah rencana ini kami paparkan dengan harapan dapat terwujud dalam waktu dekat dan semoga Allah SWT yang penuh rahmat dan penuh hikmat senantiasa memberkati program ini.

Tasikmalaya, 08 Juli 2011
    Kepala DTA Al-Falah


H.Herman Mamad



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : contoh proposal biaya operasional DTA

0 comments:

Posting Komentar