CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN YAYASAN TERBARU

http//:inicontohproposal.blogspot.com


CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN YAYASAN TERBARU

YAYASAN SINTARI AL-AMANAH
Jl. Raya Pangandaran,Dusun Kamurang RT 04 RW 11 Desa Babakan
Kec. Pangandaran Kab. Pangandaran Pos 46396 Jawa Barat
Telp. 085223516736
 



LEMBAR PENGESAHAN
PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA
PEMBANGUNAN MADRASAH

Ketua Yayasan,




ABDUL ROHMAN

Menyetujui dan Mengesahkan :

Camat Pangandaran





………………………………
NIP. ………………………….

Kepala Desa Babakan





UNDANG HERDI













KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji sukur kita panjatkan pada Allah SWT, yang memberikan Rahmat dan Inayahnya kepada kita semua. Sholawat serta keselamatan semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SWT. Yang telah mendidik dan mengajar manusia, sebagai utusan agung yang telah merubah umat manusia dari kegelapan kepada keterangan.
Sejalan dengan dan kemajuan pendidikan Nasional dan terus menerus ditunjukan kepada Sekolah dan Madrasah sebagai pendidikan formal, ditambah persaingan antara lembaga pendidikan untuk meraih minat masyarakat, Yayasan Sintari Al-Amanah terus dipacu untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan.
Kami menyadari proposal ini masih jauh dari kesempurnaan, Untuk itu kami mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pemerhati pendidikan sehingga menjadi koreksi dan perbaikan untuk peningkatan dikemudian.
Demikian proposal kami buat dengan harapan mendapat tanggapan positif dari Pemerintah.
Atas segala perhatian dan bantuan pemikiran serta saran dari semua pihak kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Pangandaran, 10 Maret 2016
Ketua Yayasan,




ABDUL ROHMAN







YAYASAN SINTARI AL-AMANAH
Jl. Raya Pangandaran,Dusun Kamurang RT 04 RW 11 Desa Babakan
Kec. Pangandaran Kab. Pangandaran Pos 46396 Jawa Barat
Telp. 085223516736
 

Nomor        : 07/Y-SA/III/2016         
Lampliran   : 1 (Satu) Bundel                                                      
Hal             : PERMOHONAN BANTUAN DANA               
                  
                                                                                                     
Kepada Yth :
Bapak Gubernur Jawa Barat
di-
   Bandung


Assalamualaikum Wr. Wb.

Bersama ini diberitahukan dengan hormat bahwa di Yayasan Sintari Al-Amanah Dusun  Dusun Kamurang RT 04 RW 11 Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran Propinsi Jawa Barat akan dilaksanakan Pembangunan Madrasah untuk kegiatan belajar santri.

Kegiatan pembangunan direncanakan akan menghabiskan biaya sebesar Rp. 200.000.000 ( Dua Ratus Juta Rupiah ). Rincian terlampir dalam proposal.

Sehubungan dengan itu, kami mohon dengan hormat kepada Bapak untuk memberikan bantuan dana demi kelancaran pembangunan tersebut.

Demikian permohonan kami sampaikan, atas perhatian dan perkenan Bapak mengabulkannya sebelumnya kami haturkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
                                                 
Pangandaran, 10 Maret 2016
Ketua Yayasan,




ABDUL ROHMAN








YAYASAN SINTARI AL-AMANAH
Jl. Raya Pangandaran,Dusun Kamurang RT 04 RW 11 Desa Babakan
Kec. Pangandaran Kab. Pangandaran Pos 46396 Jawa Barat
Telp. 085223516736
 


PROPOSALPEMBANGUNAN MADRASAH
YAYASAN SINTARI AL-AMANAH

I.                    PENDAHULUAN

http//:inicontohproposal.blogspot.com
Mencerdaskan kehidupan bangsa, melahirkan generasi terdidik, berkualitas adalah perjuangan dunia pendidikan Indonesia. Tugas mulia tersebut hanya dapat diwujudkan, apabila didukung oleh kemampuan bangsa dan Negara ini menyediakan berbagai kebutuhan sarana dan prasarana yang tersedia dan ditunjang oleh metode pendidikan yang baik. Dengan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, baik jumlah, mutu, maupun penyebaran akan semakin terbuka kesempatan bagi putra putrid kita mendapat pendidikan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas guna mewujudkan generasi bangsa yang handal, kompetitif, dan siap menyongsong masa depan yang gemilang.

Islam memandang bahwa kehadirannya sebagai dien (Agama) di dunia dimaksudkan untuk merubah masyarakat dari berbagai kegelapan menuju cahaya terang benderang. Dari kebodohan menjadi kecerdasan, dari keterbelakangan menjadi kemajuan dan seterusnya. Di dalam perubahan kearah yang lebih baik itulah manusia menuju kepada titik sentral berupa keselamatan dengan menjalan kan dan mengembangkan norma-norma serta pengetahuan Islam. Hal itu menyangkut aspek-aspek yang berhubungan dengan sang Kholiq, disamping itu pula manusia dituntut untuk metransformasikan ilmunya kepada orang lain.

Yayasan Sintari Al-Amanah sebagai lembaga pendidikan Islam serta merupakan sarana pendidikan untuk mencapai keselamatan, kesejahteraan dan kebahagiaan disisi Alloh SWT. Pengembangan ilmu agama baik secara teoritis maupun praksis terhadap kader islam tempat pembinaan ukhuah islamiyah, aktivitas kebudayaan islam, kegiatan sosial ekonomi serta nilai-nilai pendidikan (education value) lainnya. Sehingga dengan segala lainnya sangat dibutuhkan keberadaannya.

Menyadari betapa besarnya tugas yang kami lakukan dalam mengemban amanah guna mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang mampu mencapai sarana penunjang yang memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan selera zaman.

Sebenarnya kalau kita ukur dengan kebutuhan dan kepentingan saat ini, sarana dan prasarana yang ada di Yayasan Sintari Al-Amanah termasuk masih kurang dan cukup tertinggal jauh dari seharusnya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan kami dalam upaya menyediakan dan meningkatkan sarana dan prasarana sehingga dapat memperlancar proses pendidikan secara umum yang lebuh baik dan berkualitas.

Adapun usaha yang kami lakukan saat ini berkaitan dengan program pengadaan sarana fisik untuk pembangunan madrasah.

II.        LATAR BELAKANG

Pendidikan bagi umat manusia di dunia ini sangat mutlak diperlukan sepanjang hayat. Karena tanpa pendidikan manusia mustahil dapat hidup berkembang sejalan dengan watak, bakat, dan potensi yang dimiliki untuk maju.

Manusia adalah makhluk yang dinamis dan bercita-cita tinggi untuk meraih keidupan yang sejahtera dan bahagia. Dalam arti yang luas,baik lahiriah atau mencapai Mardotillah di dunia dan akhirat. Namun cita-cita yang mulia itu tidak mungkin dicapai jika manusia itu sendiri tidak berusaha keras meningkatkan kemampuannya seoptimal mungkin melalui proses pendidikan, terutama pendidikan yang dikelola secara islami karena pendidikan secara islamiyah yang memberikan porsi seimbang antara kesejahteraan dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan khususnya pendidikan Yayasan Sintari Al-Amanahmempunyai beberapa komponen yang saling berkaitan yang apabila salah satu komponen rusak atau hilang maka akan menyebabkan tujuan yang ingin dipenuhi sulit untuk dicapai, seperti ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai meliputi bangunan belajar dan lalat pendidikan yang refresentatip,asrama sebagai tempat beristirahat para santri/pelajar, serta mesjid sebagai sarana ibadah,sumberdaya manusia sebagai pengelola yang propesional dan amanah,serta dukungan masyarakat sekitar madrasah dan pihak-pihak yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan pendidikan agama di daerahnya.

Sesuai dengan permasalahan di atas dan melihat fakta yang ada, kiranya tidak jauh berbeda kendala-kendala yang dihadapi oleh hampir setiap lembaga pendidikan Yayasan Sintari Al-Amanah,yaitu belum lengkapnya berbagai fasilitas sarana dan prasarana pendidikan.
           
III.       DASAR PEMIKIRAN

Manusia sebagai khalifah dimuka bumi harus senantiasa secara terus menerus meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah SWT, sesuai dengan kemampuannya. Iktiar dalam peningkatan dimaksud harus terencana, terprogram secara berkesinambungan dengan segala kesungguhan dan dilandasi semangat juang yang tinggi dalam rangka mencapai mardhotillah sebagaimana diajarkan oleh Rosulullah SAW.

Yayasan Sintari Al-Amanah Dusun Kamurang RT 04 RW 11 Desa Babakan dalam menyingkapi perubahan yang sedemikian cepat ke arah suasana global (un-bordered village) dimana arus informasi selalu lebih cepat daripada laju realitas sosial, secara geografis dituntut untuk lebih antisipatif dalam menyiasati kondisi internal maupun eksternal yang terjadi di sekelilingnya.

Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Daerah Jawa Barat dengan berbagai pertimbangan politis maupun ekonomis sudah berketetapan untuk meningkatkan laju pembangunan di kawasan Selatan Jawa Barat bagian Selatan sebagai kawasan wisata yang potensial sebagai penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) dimana langkah tersebut sudah barang tentu memberikan dampak perubahan sosial di kawasan tersebut.
Yayasan Sintari Al-Amanah sesuai dengan perannya mempunyai komitmen yang kuat untuk senantiasa menjaga keutuhan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat sekitarnya dari pengaruh negatif sebagai dampak perubahan yang terus berlangsung. Langkah antisipasi yang digunakan cara peningkatan secara terus menerus dan berkesinambungan kualitas dari pendidikan baik formal maupun informal  seperti yang diamanatkan oleh Garis-Garis Besar Haluan Negara Republik Indonesia.

Peningkatan seperti tersebut diatas selalu diupayakan dengan cara salah satunya ”updating” dari program, metode, staf pengajar dan tentunya sarana dan prasarana yang tersedia di Yayasan. Dalam perjalanannya peningkatan sarana fisik banyak mengalami hambatan terutama dalam penyediaan dana pembangunan sesuai perkembangan teknologi pendidikan pada khususnya dan teknologi terapan pada umumnya.

Kami segenap pengurus Yayasan Sintari Al-Amanah Dusun Kamurang RT 04 RW 11 Desa Babakan, sadar dan yakin bahwa kesadaran untuk  berbuat itu tidak selalu sama, sehingga dukungan semua pihak yang berkepentingan akan sangat memberikan iklim yang lebih kondusif sebagai dasar itikad dan ikhtiar peningkatan kualitas hidup pada umumnya di masa mendatang.


IV.       PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya dana atau anggaran untuk melaksanakan  pembangunan  Yayasan Sintari Al-Amanah. Maka dari itu kami selaku panitia pembangunan membuat proposal permohonan bantuan dana kepada Pemerintah Provinsi.

V.        MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dibangunnya Madrasah Yayasan Sintari Al-Amanah Dusun Kamurang RT 04 RW 11Desa Babakan Kecamatan Pangandaran, untuk mencukupi sarana pendidikan dalam upaya membentuk kepribadian yang berakhlakul karimah karena menyingkapi suasana prilaku pergaulan anak muda sekarang ini yang sangat sensitif terhadap gejolak  yang bersifat negatif , maka sangatlah penting membina mental para generasi muda sejak dini.

VI.       CARA PELAKSANAAN ATAU METODE KEGIATAN

Untuk metode atau cara pelaksanan kegiatan pembangunan, kami selaku panitia membagi-bagi kelompok kerja khususnya untuk masyaakat setempatuntuk melaksanakan kegiatan pembangunan tiap satu hari satu kali untuk membantu pekerja buruh teknisnya.

VII.     RENCANA KEGIATAN

Dilandasi dengan niat Lillahita’ala maka dengan diawali ucapan “Bismillahirrohmannirrohiim” kami panita pembangunan Madrasah Yayasan Sintari Al-Amanah berniat melaksanakan kegiatan pembangunan ini dengan lima tahap kegiatan :
Ø  Tahap Peratama           : Perencanaan dan kosolidasi
Ø  Tahap Kedua               : Pencarian dana dan pengumpulan
Ø  Tahap Ketiga               : Persiapan pekerjaan
Ø  Tahap Keempat           : Persiapan keseluruhan
Ø  Tahap Kelima              : Finishing

VIII.    JANGKA WAKTU/JADWAL PELAKSANAAN

1.      Tanggal pelaksanaan disesuaikan dengan adanya dana, dlam artian jkalau dana sudah terkumpul kegiatan pembangunan akan segera bimulai.
2.      Para pekerja hanya diperbolehkan beristirahat pada jam 12.00-13.00 (dzuhur)
3.      Untuk hari jum’at pembanguna diliburkan.
4.      Kegiatan pembangunan dilaksanakan sampai pekerjaan selesai.


XI.                         PENUTUP

Demikian Proposal ini dibuat, atas bantuan semua pihak kami haturkan terima kasih, Semoga Allah SWT melimpahkan pahala yang berlipat ganda kepada kita sekalian, amin.


Pangandaran, 10 Maret 2016
Ketua Yayasan,




ABDUL ROHMAN




















RENCANA ANGGARAN BIAYA
PEMBANGUNAN MADRASAH
YAYASAN SINTARI AL-AMANAH
 DUSUN KAMURANG RT 04 RW 11 DESA DESA BABAKAN
KECAMATAN PANGANDARAN KABUPATEN PANGANDARAN

No
Uraian
Kuantitas
Satuan
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
2
3
4
5
6

I. PEKERJAAN PERSIAPAN




1
Pembersihan lokasi kerja
100,00
M2
1.565
156.500
2
Pek. Pengukuran dan Bouplank
70,00
M1
12.900
903.000
3
Los Kerja.
3,00
Ls
2.500.000
7.500.000





8.559.500

II. PEKERJAAN PONDASI




1
Pek. Galian Tanah
63,00
M3
27.000
1.701.000
2
Urugan Pasir Landasan Pondasi
7,48
M3
104.400
780.912
3
Aaustauping Batu Belah
13,98
M3
172.100
2.405.958
4
Pas.Pondasi Batu Belah 1:5
26,84
M3
285.500
7.662.820
5
Pas.Pondasi Batu Belah 1:3
7,90
M3
296.700
2.343.930
6
Urugan bekas Galian
24,00
M3
10.300
247.200
7
Urugan Peninggian
25,70
M3
64.700
1.662.790





16.804.610

III. PEKERJAAN BETON




1
Pas. Sloot Beton 15/25 1:2:3
4,80
M3
4.149.200
19.916.160
2
Pas. Kolom Beton 15/15 1:2:3
5,30
M3
4.060.200
21.519.060
3
Pas. RingBalk 15/25 1:2:3
3,70
M3
4.196.200
15.525.940
4
Pas. Plat Dak Beton T 8 cm 1:2:3
3,23
M3
4.139.450
13.370.424
5
Pas. Tangga Beton 1:2:3
2,90
M3
4.310.400
12.500.160





82.831.744

IV. PEKERJAAN DINDING




1
Pas Bata 1:3
166,80
M2
77.600
12.943.680
2
Pas Bata 1:5
23,00
M2
62.800
1.444.400
3
Plesteran Bata 1:3
312,80
M2
30.400
9.509.120
4
Plesteran Bata 1:5
31,00
M2
27.600
855.600
5
Plesteran Kolom
21,80
M2
30.400
662.720
6
Pek. Acian
187,00
M2
38.190
7.141.530
7
Pas. Glas Blok
6,20
M2
125.000
775.000





33.332.050

V. PEK. KUSEN, PINTU & JENDELA




1
Pek. Kusen Pintu & jendela
1,00
M3
4.879.408
4.879.408
2
Pas. Daun Pintu
12,60
M2
440.400
5.549.040
3
Pas. Daun Jendela
6,70
M2
151.110
1.012.437
4
Pas. Engsel Pintu
23,00
Bh
24.000
552.000
5
Pas. Engsel Jendela
32,00
Bh
20.100
643.200
6
Pas. Kunci Pintu
9,00
Bh
157.600
1.418.400
7
Pas. Slot Tanam Pintu
7,00
Bh
19.629
137.403
8
Pas. Slot Tanam  Jendela
32,00
Bh
19.600
627.200
9
Pas. Hak Angin
40,00
Bh
23.000
920.000
10
Pas. Duk & Neut Beton
22,00
Bh
5.000
110.000
11
Pas. Kaca Polos 3 mm
10,32
M2
67.400
695.568





16.544.656

VI. PEKERJAAN LANTAI




1
Urugan Tanah Peninggian
11,40
M3
64.600
736.440
2
Urugan Pasir Landasan lantai
8,60
M3
104.400
897.840
3
Pas. Keramik 30x30
150,35
M2
81.000
12.178.350
4
Pas. Keramik Plint 10x30
19,80
M2
84.800
1.679.040





15.491.670

VII. PEKERJAAN PENGECATAN




1
Pengecatan Dinding
248,40
M2
29.200
7.253.280
2
Pengecatan Kolom
43,20
M2
20.400
881.280
3
Pengecatan Dak Beton
116,00
M2
31.225
3.622.100
4
Pengecatan Kusen
60,40
M2
49.075
2.964.130
5
Pengecatan Daun Pintu&Jendela
24,48
M2
58.500
1.432.080





16.152.870

VIII. PEKERJAAN INSTALASI LISTRIK




1
Pas. Titik Lampu
18,00
Ttk
180.000
3.240.000
2
Pas. Stop Kontak
12,00
Bh
12.500
150.000
3
Pas. Lampu
18,00
Bh
58.000
1.044.000
4
Pas. Saklar Double
11,00
Bh
15.500
170.500
5
Pas. Saklar Tunggal
12,00
Bh
14.200
170.400
6
Cable Feeder NYY.4x10 mm
99,00
M1
32.000
3.168.000





7.942.900

IX. KEPERJAAN LAIN-LAIN




1
Pas. Seteger
76,00
M1
15.000
1.140.000
2
Pemberean
3,00
Ls
400.000
1.200.000





2.340.000

Jumlah



200.000.000

   TERBILANG : DUA RATUS JUTA RUPIAH


DENAH YAYASAN SINTARI AL-AMANAH PANGANDARAN
DUSUN KAMURANG RT 04 RW 11 DESA BABAKAN PANGANDARAN




 



































PROFIL YAYASAN SINTARI AL-AMANAH


1)      Nama                                 : Yayasan Sintari Al-Amanah  
2)      Alamat                              : Jl. Raya Pangandaran, Dusun Kamurang
                                            RT04 RW 11 Desa Babakan
                                            Kecamatan Pangandaran
                                            Kabupaten Pangandaran
                                            Pos 46396 Jawa Barat
                                            HP. 085223516736
3)     Rekening BANK              : BJB KCP Pangandaran
                                            Nomor : ………………………..
                                                              Atas Nama : Yayasan Sintari Al-Amanah 
4)      Tahun Berdiri                    : 2015
5)       Luas Tanah                       : 2.800 M2
6)       Luas Bangunan                 : 250  M2
7)       Data Santri                       :
Laki-laki                           :   50 orang 
       Perempuan                        :   60 orang
                  Jumlah                  : 110 orang
8)       Susunan Pengurus            :
Pengawas                          : 1. Dede Herdiana
                                            2. Prasaja
Pembina                            : Herman Suryana
Ketua                                : Abdul Rohman
Sekretaris                          : Dinu Fatah Hadiat
Bendahara                        : Abdur Rozaq
  

Pangandaran, 10 Maret 2016
Ketua Yayasan,




ABDUL ROHMAN



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : CONTOH PROPOSAL PEMBANGUNAN YAYASAN TERBARU

0 comments:

Posting Komentar